Pages

Mengatur volume suara melalui scrool mouse dengan Volumouse

Untuk mengatur besar kecilnya volume suara saat kita memutar lagu melalui komputer atau laptop biasanya dilakukan melalui ikon volume yang ada di system tray atau panel volume yang ada pada media player yang kita gunakan seperti Winamp, Windows Media Player, dan media player lainnya. Volume bisa juga diatur melalui shortcut keyboard yang telah ditentukan sebelumnya (untuk laptop biasanya dengan menekan tombol Fn + F5/F6 atau tombol lainnya).
Selain cara standar di atas, berikut ada cara lain untuk memperbesar atau memperkecil volume dengan memanfaatkan tombol scrool mouse (scrool ke atas berarti volume suara makin besar dan sebaliknya scrool ke bawah volume suara akan mengecil). Untuk bisa memanfaatkan tombol scrool mouse sebagai pengatur volume suara yang kita butuhkan adalah freeware Volumouse yang dikembangkan oleh Nirsoft.
Penggunaan software Volumouse ini sangat mudah, kita tinggal menentukan kombinasi tombol yang digunakan (Use the wheel when) untuk menjalankan fungsi scrool mouse sebagai pengatur volume suara. Dalam contoh ada dua pilihan, pertama dengan kombinasi tombol Alt dan scrool, kedua dengan kombinasi tombol kiri mouse dan scrool. Selanjutnya kita tinggal menentukan volume apa yang akan diatur melalui scrool mouse ini atau bisa juga kita mengatur tingkat brightness atau transparansi (Component). Setelah itu kita juga bisa menentukan volume mana yang akan kita atur, apakah speaker sebelah kanan, kiri, atau malah kita matikan keduanya (Channels). Untuk tingkat perubahan volume suara diatur melalui Steps.
Pengaturan lebih lanjut Volumouse ini bisa diakses melalui More dari masing-masing shortcut yang kita buat, seperti misalnya bentuk dari volume bar (Type), apakah kita mau bentuk vertikal, horisontal, atau tampilan penuh dalam layar.
Nah, dengan menggunakan Volumouse ini kita bisa mengatur besar kecil suara dengan lebih cepat karena cukup menggeser tombol scrool yang ada pada mouse kita.
Bagi temen-temen yang berminat mencobanya, bisa mendownload aplikasi Volumouse di Freeware.

0 komentar:

Posting Komentar