Pages

langkah 2 dan kaidah penyusunan soal


Penulisan Soal


Penyusunan Soal
l  Langkah – langkah penyusunan soal        :
1.Memahami tujuan
2.Menyusun kisi-kisi
3.Menulis soal
4.Penelaahan soal
5.Menyusun soal
6.Uji coba soal
7.Penyajian tes
8.Skoring
Penyusunan Kisi-kisi
§  Pengertian
§  Kisi-kisi adalah suatu format yang dapat berupa matriks yang memuat informasi dan dijadikan pedoman untuk menulis soal atau merakit soal menjadi tes.
FUNGSI KISI-KISI
§  Sebagai pedoman dalam penulisan soal atau perakitan soal.
SYARAT KISI-KISI YANG BAIK
o  Mewakili isi kurikulum yang akan diujikan
o  Komponen-komponennya rinci, jelas dan mudah dipahami.
o  Soal-soalnya dapat dibuat sesuai dengan indikator dan bentuk soal yang ditetapkan.
KOMPONEN KISI-KISI
      1. Kelompok identitas
      2. Kelompok matriks
IDENTITAS
§  1. Jenis Sekolah
§  2. Mata Pelajaran
§  3. Tahun Pelajaran
§  4. Kurikulum yang diacu
§  5. Alokasi waktu
§  6. Jumlah soal
§  7. Bentuk soal
MATRIKS
n  1. Standart kompetensi
n  2. Kompetensi Dasar
n  3. Uraian materi
n  4. Bahan kelas
n  5. Jumlah soal untuk setiap KD
n  6. Indikator
     INDIKATOR YANG BAIK
1.Memuat ciri-ciri tujuan yang hendak diukur.
2. Memuat satu kata kerja operasional untuk PG dan isian. Untuk uraian boleh lebih dari satu.
3. Berkaitan erat dengan materi.
4. Dapat dibuat soalnya dengan bentuk yang telah ditetapkan.

MEMETAKAN PENYEBARAN MATERI
SK
KD
 SOAL
JUMLAH
PG
ISIAN
URAIAN
1
1.1
1.2
8
8
3
3
1
2
12
13
2
2.1
2.2
10
9
2
2
1
1
13
12
Jumlah
35
10
5
50




KISI-KISI PENULISAN SOAL TES SEMESTER / PBS
Satuan Pendidikan                  : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran                        : IPS
Kurikulum                               : KK 2006 ( KTSP )
Kelas                                       : IV ( empat )
Waktu                                     : 90 menit
Jumlah Soal                             : 50 butir
Bentuk soal                             : a. PG 35 butir ( 1-35 )
                                                               b. Isian 10 butir ( 36-45 )
                                                               c. Uraian 5 butir ( 46-50 )
Contoh indikator yang kurang baik
  • Siswa dapat menyebutkan ibu kota provinsi Jawa Tengah
  • Disajikan gambar siswa dapat menyebutkan salah satu fungsinya.
  • Disajikan sebuah paragraf siswa dapat menentukan judul
  • Disajikan ilustrasi sederhana siswa dapat menentukan perilaku yang bertanggungjawab
  • Siswa dapat menyebutkan perilaku jujur
  • Disajikan bangun persegi siswa dapat menghitung luasnya.
  • Siswa dapat melengkapi formulir
  • Disajikan soal cerita siswa dapat mengerjakannya.
  •  
KAIDAH PENULISAN
SOAL
Kaidah Penulisan Soal Secara Umum
  Petunjuk pengerjaan dan rumusan soal harus jelas dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  Rumusan soal harus sesuai dengan indikator.
  Butir soal tidak tergantung pada jawaban soal sebelumnya.
  Rumusan soal tidak boleh mengandung petunjuk (clue) kepada kunci jawaban.
  Materi soal harus sesuai dengan jenjang/jenis pendidikan atau tingkatan kelas.
  Rumusan soal harus mempertimbangkan tingkat kesulitan soal.
   
Kaidah Penulisan Soal Menjodohkan
  Kalimat butir soal dapat dirumuskan dalam bentuk pernyataan atau pertanyaan yang lengkap.
  Seluruh pernyataan/pertanyaan dalam lajur kiri sejenis(homogen), dan alternatif jawaban pada lajur kanan juga sejenis(homogen).
  Jumlah alternatif jawaban lebih banyak.

Kaidah Penulisan Soal Pilihan Ganda
¡  Pilihan jawaban harus homogen logis.
¡  Hanya ada satu kunci jawaban yang paling benar.
¡  Pokok soal harus dirumuskan dengan singkat, jelas, dan tegas.
¡  Pokok soal jangan memberi petunjuk ke kunci jawaban.
¡  Pokok soal tidak menggunakan pernyataan yang bersifat negatif ganda
l   Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama.
¡  Pilihan jawaban jangan menggungkan pernyataan “semua jawaban di atas salah atau “semua jawaban di atas benar” dan sejenisnya.
¡  Pilihan jawaban yang berbentuk angka / waktu harus disusun berdasarkan urutan besar kecil / secara kronologis.
¡  Pilihan jawaban tidak mengulang kata /kelompok kata yang sama.

KAIDAH PENULISAN JAWABAN SINGKAT
1. Jawaban yang dituntut oleh butir soal   harus singkat dan pasti, dapat berupa : kata, phrase, angka, simbol, tahun, atau nama tempat, nama tokoh, lambang, atau kalimat yang sudah pasti.
2. Rumusan butir soal tidak merupakan kalimat yang dikutip langsung dari suatu buku.

Kaidah Penulisan Soal Isian
n  Jawaban yang akan diisi oleh siswa pada titik-titik adalah jawaban yang sangat pendek.
n   Titik-titik tidak selalu ditempatkan pada akhir kalimat.

Kaidah penulisan soal benntuk uraian
l  Batasan pertanyaan dengan jawaban yang diharapkan harus jelas.
l  Rumusan Kalimat butir soal harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban uraian.





Hal hal Yang Ditelaah
1. Materi
  1. Soal harus sesuai dengan indikator yang terdapat pada kisi-kisi.
  2. Pengecoh harus homogen, logis dan berfungsi. Pengecoh yang disusun harus homogen dari segi isi/materi atau dalam satu ruang lingkup yang sama, masuk akal dan diperkirakan ada yang memilih.
  3. Setiap soal harus mempunyai satu jawaban yang benar atau paling benar. Dalam hal ini harus juga diperhatikan ketepatan penemuan kunci jawaban.
2. Konstruksi
¡  Rumusan pokok soal harus jelas.
¡  Pokok soal yang harus merupakan rumusan yang diperlakukan saja.
¡  Pokok soal jangan memberikan petunjuk yang benar.
¡  Pokok soal jangan menggunakn pertanyaan yang bersifat negatif ganda.
¡  Panjang pendek rumusan pilihan jawaban harus relatif sama.
¡  Jangan menggunakan pernyataan yang berbunyi “semua jawaban di atas benar” atau “semua jawaban di bawah benar”.
¡  Pilihan jawaban yang berbentuk angka harus disusun berdasarkan urutan besar kecilnya.
¡  Gambar/grafik/tabel/ diagram dan sejenisnya yang terdapat pada soal harus jealas dan berfungsi.
¡  Butir soal jangan bergantung pada jawaban soal sebelumnya.
3. Bahasa
  1. Bahasa harus komunikatif.
  2. Bahasa soal mudah dimengerti dan tidak berlaku lokal (bias budaya).
  3. Pilikan jawaban jangan mengulang kata/kelompok kata yang sama yang bukan merupakan satu kesatuan.
Petunjuk Pengisian Kartu Telaah   :
-      Mengisi identitas soal
-      Membaca soal dengan seksama
-      Mencocokan soal dengan kriteria pada kartu telaah
-      Memberi tanda (√) pada kolom “ya” bila soal yang ditelaah sesuai dengan kriteria
-      Memberi tanda (√) pada kolom “tidak” bila soal yang di telaah tidak sesuai dengan kriteria
PERBAIKAN SOAL
Indikator  : Siswa dapat menerapkan konsep sifat-sifat cahaya yang berkaitan dengan fungsi bagian-bagian mata manusia
n  Soal tidak sesuai dengan indikator 
  1. Alat optik yang dapat membantu manusia melihat sesuatu yang jauh menjadi lebih jelas adalah….
a.       Mikroskop
b.      Kamera
c.       Teleskop
d.      Proyektor
n  Soal sesudah diperbaiki
n  Bagian mata yang mengatur banyaknya cahaya yang masuk adalah….
a.       Pupil
b.      Retina
c.       Kornea
d.      Selaput iris
e.        
l  Soal yang pengecohnya tidak logis dan tidak berfungsi
2. “Bukan satu, bukan dua, bukan sepuluh, tetapi beratus-ratus tokoh yang tamat dari sekolah itu”. Kalimat itu menggunakan majas….
a.       Klimaks
b.      Sastra
c.       Ilmiah
d.      Antiklimaks
Sesudah diperbaiki
v  “Bukan satu, bukan dua, bukan sepuluh, tetapi bartus-ratus tokoh yang tamat dari sekolah itu”. Kalimat itu menggunakan majas….
        1. Klimaks
        2. Antiklimaks
        3. Repetisi
        4. Paralelisme
Soal yang kuncinya lebih dari satu
    3. Bentuk pengamalan pancasila yang sesuai dengan sila kelima (keadilan sosial bagi seluruh rakyat   Indonesia) adalah….
  1. Tidak bergaya hidup mewah
  2. Saling mencintai
  3. Menghormati hak-hak orang lain
  4. Mengembangkan sikap tenggang rasa


Soal yang sudah diperbaiki

*       Bentuk pengamalan pancasila yang sesuai dengan sila kelima (keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia) adalah….
  1. Berani membela kebenaran dan keadilan
  2. Saling mencintai sesama manusia
  3. Menghormati hak-hak orang lain
  4. Mengembangkan sikap tenggang rasa

Soal yang mengandung contoh informasi yang tidak diperlukan
4. Majelis Permusyawaratan Rakyat merupakan lembaga tertinggi negara R.I.  Penulisan singkatan kata Majelis Permusyawaratan Rakyat yang benar adalah….
a.       MPR
b.      M. P. R
c.       MPR.
d.      M. P. R.
Sesudah diperbaiki
¡  Penulisan singkatan Majelis Permusyawaratan Rakyat yang benar adalah….
a.       MPR
b.      M. P. R
c.       MPR.
d.      M. P. R.
Soal yang pokok soalnya memberikan petunjuk kearah kunci jawaban
5.Generator listrik di PLTA Sigura-gura digerakkan oleh tenaga….
a.                                                                               Air
b.                                                                              Uap
c.                                                                               Gas bumi
d.                                                                              Solar
Sesudah diperbaiki
¡  Generator listrik  Sigura-gura digerakkan oleh tenaga….
a.                                                                               Air
b.                                                                              Uap
c.                                                                               Gas bumi
d.                                                                              Solar
Soal yang pokok soalnya bersifat negatif ganda
6. Hewan yang hidup di bawah air ini tidak dapat berkembeng biak dengan cara melahirkan, kecuali ikan….
a.       Mujair
b.      Gurami
c.       Paus
d.      Mas
Sesudah diperbaiki
¡  Hewan yahg hidup di air berikut ini berkembang biak dengan melahirkan, yaitu ikan….
a.             Mujair
b.            Gurami
c.             Paus
d.            mas
Langkah – langkah
Perakitan Soal
¡  Mengelompokkan soal-soal yang menanyaklan materi yang sama, kemudian soal-soal itu ditempatkan dalam urutan yang sama.
¡  Memberi nomor urut soal didasarkan nomor urut soal pada kisi-kisi.
¡  Mengecek setiap soal dalam satu paket tes apakah soal-soalnya sudah bebas dari kaidah “setiap soal tidak boleh memberi petunjuk jawban terhadap soal lainnya”.
¡  Membuat format lembar jawaban.
¡  Memnuat lembar kunci jawaban dan petunjuk penilaiaanya.
¡  Menghitung penyebaran kunci jawaban (untuk soal pilihan ganda) dengan menggunakan rumus    :
                                                                             Jumlah soal
            Penyebaran kunci jawaban =                          ± 3
                                                                        Jml pil jawaban

¡  Menentukan soal inti (anchor items) sebanyak 10 % dari jumlah soal dalam satu paket.
¡  Menentukan bobot setiap soal (untuk bentuk uaraian)
¡  Menyusun tabel konversi skor.




Prosedur Pemeriksaan
Lembar Jawaban
Prosedur pemeriksaannya sebagai berikut            :
  1. Gunakan pedoman perskoran yang telah diepersiapkan sebagai acuan dalam memerikasa jawaban.
  2. Bacalah jawaban siswa kemudian bendingkan dengan jawaban ideal yang ada pada pedoaman perskoran.
  3. Berikan skor sesuai dengan tingkat kelengkpan dan kesempurnaan jawban siswa.
  4. Periksalah seluruh lembar jawaban siswa pada nomor yang sama, baru dilanjutkan ke pemeriksaan nomor berikutnya.
  5. Hindari faktor-faktor yang tidak relevan dalam pemberian skor.
Contoh Contoh
Soal IPA SD
1. Soal harus sesuai dengan indikator
¡  Indikator   : Siswa dapat menentuka jenis bunyi yang frekuensinya antara 20 Hz sampai 20.000 Hz.
¡  Contoh soal yang tidak sesuai dengan indikator  :
v  Contoh soal yang tidak sesuai dengan indikator,
v  Batas frekuensi yang dapat didengar oleh manusia adalah….
a.       0-20 Hz
b.      20-20.000 Hz (√)
c.       20-200.000 Hz
d.      20.000-200.000 Hz
v  Contoh soal yang sesuai dengan indikator
v   Bunyi yang frekuensinya antara 20 Hz sampai 20.000 Hz adalah….
a. Ultrasonik
b.Infrasonik
c. Audiosonik (√)
d.                  supersonik
2.Pilihan jawaban harus homogen dan logis
n  Contoh soal yang kurang baik
v  Alat optik yang digunakan untuk memperoleh bayangan dari gambar kecil menjadi besar adalah….
a.       Teleskop
b.      Proyektor (√)
c.       Bioskop
d.      Stetoskop
  • Contoh soal yang lebih baik
v  Alat optik yang digunakan untuk memperoleh bayangan dari gambar kecil menjadi besar adalah….
        1. Teleskop
        2. Proyektor (√)
        3. Kamera
        4. Mikroskop
3. Hanya ada satu kunci jawaban yang paling tepat
   Contoh soal yang kurang baik
v  Cara perkembangbiakan pohon karet adalah dengan….
        1. Biji (√)
        2. Batang
        3. Okulasi(√)
        4. Umbi
*      Contoh soal yang lebih baik
v  Cara perkembangbiakan pohon karet adalah dengan….
        1. Biji (√)
        2. Batang
        3. Cangkokan
        4. Umbi
4. Pokok soal harus dirumuskan dengan singkat, jelas, dan tegas
l  Contoh soal yang kurang baik
v  Cadangan makanan pada tebu juga disimpan di dalam….
        1. Batang (√)
        2. Umbi
        3. Akar
        4. buah
         Contoh soal yang lebih baik
v  Tebu menyimpan cadangan makanannya di dalam….
        1. Batang (√)
        2. Umbi
        3. Akar
        4. buah


5. Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang diperlukan.
n  Contoh soal yang kurang baik
v  Prinsip kerja mata hampir sama dengan kerja kamera. Karena tersusun atas berbagai macam alat, begitu halnya dengan mata. Pada mata bagian yang mengatur banyaknya cahaya yang masuk adalah….
      1. Pulil (√)
      2. Retina
      3. Kornea
      4. Selaput iris
¡  Contoh soal yang lebih baik
v   Bagian mata yang mengatur banyaknya cahaya yang masuk adalah….
a.       Pulil (√)
b.      Retina
c.       Kornea
d.      Selaput iris
6. Pokok soal tidak memberi petunjuk kekunci jawaban
¡  Contoh soal yang kurang baik
v  Generator listrik di PLTA Sigura-gura digerakkan oeh tenaga….
a.       Air (√)
b.      Uap air
c.       Gas bumi
d.      Solar
¡  Contoh soal yanglebih baik
v  Generator listrik di Sigura-gura digerakkan oleh tenaga….
          1. Air (√)
          2. Uap air
          3. Gas bumi
          4. Solar
7. Pokok soal tidak menggunakan pernyataan yang bersifat negatif ganda
u Contoh soal yang kurang baik
v  Jenis-jenis ikan di bawah ini tidak berkembang biak dengan cara melahirkan, kecuali ikan….
        1. Mujair
        2. Gurami
        3. Paus (√)
        4. Mas
¡  Contoh soal yang lebih baik
v  Jenis ikan yang berkembang biak dengan cara melahirkan adalah ikan….
        1. Munjair
        2. Gurami
        3. Paus (√)
        4. Mas
8. Gambar/grafik/tabel/diagram dan sejenisnya jelas dan berfungsi
l  Contoh soal yang kurang baik








 




v  Gambar yang menunjukkan kedudukan matahari, bulan, dan bumi. Peristiwa yang sedang terjadi adalah….
a.       Gerhana matahari (√)
b.      Gerhana bulan
c.       Rotasi bumi
d.      Revolusi bumi
Ø  Contoh soal yang lebih baik





v  Gambar di atas menunjukkan kedudujan bulan, bumi, dan matahari. Perisristiwa yang sedang terjadi adalah….
a.       Gerhana matahari (√)
b.      Gerhana bulan
c.       Rotasi bumi
d.      Revolusi bumi


9. Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama
¡  Contoh soal yang kurang baik
v  Helopeltis adalah hama yang menyerang tanaman….
a.       Kopi
b.      Daun teh yang masih kuncup (√)
c.       Jagung
d.      Padi
n  Contoh soal yang lebih baik
v  Helopeltis adalah hama yang menyerang tanaman….
        1. Kopi
        2. Teh (√)
        3. Jagung
        4. padi
10. Pilihan jawaban jangan menggunakan pernyataan yang berbunyi “semua jawaban di atas salah” atau “semua jawaban benar” & sejenisnya
n  Contoh soal yang kurang baik
v  Mentek adalah penyakit yang menyerang tanaman….
a.       The
b.      Kopi
c.       Tebu
d.      Semua pilihan jawaban di atas salah (√)
v  Contoh soal yang lebih baik
v   Mentek adalah penyakit yang menyerang tanaman….
        1. Teh
        2. Kopi
        3. Tebu
        4. Padi (√)
11. Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu disusun berdasarkan urutan besar kecilnya angka atau secara kronologis
l  Contoh soal yang kurang baik
v  Setrika listrik dengan daya 500 watt apabila digunakan selama 2 jam, akan menghabiskan tenaga listrik sebesar….
        1. 100 kwh
        2. 1 kwh
        3. 10 kwh
        4. 0,1 kwh
n  Contoh soal yang lebih baik
v  Strika listrik dengan daya 500 watt apabila digunakan dalam waktu 2 jam, akan menghabiskan tenaga listrik sebesar….
        1. 0,1 kwh
        2. 1 kwh
        3. 10 kwh
        4. 100 kwh
12. Butir soal jangan bergantung pada soal sebelumnya
¡  Contoh soal
v  Zat yang diperlukan untuk proses pembakaran adalah….
      1. CO2
      2. O2 (√)
      3. N2
      4. H2O
o  Contoh soal yang lebih baik
v  Berapa % dari zat yang di hasilkan pada jawaban di atas terdapat di udara sekitar kita       ?
        1. 10 %
        2. 20% (√)
        3. 25%
        4. 50%
13. Menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia
o  Contoh soal yang kurang baik.
v  Pensil yang dicelupkan kedalam gelas yang berisi air kelihatan bengkok. Hal ini disebabkann karena….
        1. Pembiasan cahaya (√)
        2. Pemantulan cahaya
        3. Perambatan cahaya
        4. Penguraian cahaya




n  Contoh soal yang lebih baik
v  Pensil yang dicelupkan ke dalam gelas yang berisi air kelihatan bengkok. Hal ini disebabkan oleh….
        1. Pembiasan cahaya (√)
        2. Pemantulan cahaya
        3. Perambatan cahaya
        4. Penguraian cahaya
14. Tidak menggunakn bahasa yang berlaku setempat (bias budaya)
¡  Contoh soal yang kurang baik
v  Mandike berkembang biak dengan….
      1. Akar
      2. Batang
      3. Biji (√)
      4. Tunas
¡  Contoh soal yang lebih baik
v  Semangka berkembang biak dengan….
      1. Akar
      2. Batang
      3. Biji (√)
      4. Tunas
15. Pilihan jawaban tidak mengulang kata / kelompok kata yang sama
¡  Contoh soal yang kurang baik
v  Mineral fosfor sangat berguna untuk….
      1. Pembentukan sel darah merah
      2. Pembentukan gigi
      3. Pembentukan jaringan
      4. Pembentukan tulang (√)
¡  Contoh soal yang lebih baik
v  Mineral fosfor sangat berguna untuk pembentukan….
        1. Sel darah merah
        2. Gigi
        3. Jaringan kulit
        4. Tulang (√)

16. Pada soal pilihan Ganda lebih banyak menampilkan Gambar / Grafik dll

0 komentar:

Poskan Komentar