Pages

Hutan Lindung



BAB I
PENDAHULUAN

I.                   Latar Belakang
Semakin banyak kelalaian yang dilakukan oleh manusia, membuat semua sector kehidupan menjadi semakin buruk kualitasnya. Manusia seringkali tidak memperdulikan lingkungan disekitar tempat tinggalnya. Kebersihan ataupun unsure – unsur penting lainnya sering mereka lalaikan. Seperti halnya hutan, manusia tidak berlaku arif dalam memanfaatkan dan melestarikannya. Manusia menjadi murka karena kebutuhannya. Sehingga manusia memanfaatkan hasil hutan secara besar – besaran. Salah satu jenis hutan yang sangat penting untuk manusia adalah hutan lindung. Hutan lindung menjadi sangat menyita perhatian kita karena pengaruhnya yang banyak untuk kehidupan kita. Kita akan mendapat banyak hal dari hutan lindung dan untuk itu kita harus bersama – sama menciptakan hutan lindung yang berkualitas agar semua pihak dapat merasakan keasrian lingkungan hidup.

II.                Rumusan Masalah
a.       Apa Pengertian dari Hutan Lindung ?
b.      Apa Saja Penyebab Kerusakan dari Hutan Lindung ?
c.       Apa Saja Akibat dari Kerusakan Hutan Lindung ?
d.      Apa Saja Usaha Untuk Melestarikan Hutan Lindung ?



III.             Tujuan
a.       Dapat Menyebutkan Pengertian dari Hutan Lindung
b.      Dapat Menjelaskan Apa Saja Penyebab Kerusakan Hutan Lindung
c.       Dapat Menjelaskan Apa Saja Akibat Kerusakan Hutan Lindung.
d.      Dapat Menyebutkan Usaha – Usaha untuk Melestarikan Hutan Lindung ?



















BAB II
PEMBAHASAN

I.                   Apa Itu Hutan Lindung ?
Hutan Lindung merupakan kawasan hutan dengan keadaan sifat alaminya mampu mengatur tata air, mencegah erosi dan banjir serta memelihara kesuburan tanah. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa hutan lindung memiliki banyak kegunaan untuk manusia dan makluk hidup lainnya.

II.                Apa Saja Penyebab Kerusakan Hutan Lindung ?
Hutan lindung dapat mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut diakibatkan oleh :
a.      Ulah manusia yang memanfaatkan hasil hutan lindung secara besar – besaran.
Ulah manusia tersebut diantaranya penebangan hutan secara liar, pengalih fungsian tanah.
b.      Kebakaran Hutan
Kebakaran hutan biasanya terjadi pada musim kemarau, saat keadaan kayu – kayu yang kering sehingga gesekan antara kayu – kayu yang kering tersebut dapat menimbulkan percikan api yang lama – lama menjadi besar, selain itu kebakaran juga diakibatkan oleh ulah manusia seperti membuang puntung rokok disembarang tempat. Kebakaran akan merambat meluas dan merusak tumbuhan semakin parah. Kebakaran sulit diatasi karena hembusan angin dan tidak adanya hujan.

III.             Akibat Kerusakan Hutan Lindung ?
Hutan lindung yang mengalami kerusakan akan mengakibatkan :
a.      Meranggasnya hutan saat musim kemarau panjang.
Dari tumbuhan – tumbuhan yang sudah tidak teduh lagi akan mengakibatkan hutan meranggas sehingga tanah menjadi gersang tak berhumus.
b.      Menipisnya jumlah flora dan fauna.
Hutan lindung yang mengalami kerusakan sudah tidak dapat lagi ditumbuhi flora kecuali apabila keadaan masih baik, namun kebanyakan hutan lindung yang sudah rusak tidak dapat ditumbuhi flora. Hal tersebut berdampak pada konsumen pertama urutan rantai makanan yaitu hewan, karena kurang adanya persediaan makanan. Hewanpun banyak yang mati.
c.       Banjir dan Tanah Longsor
Hutan lindung yang tidak berfungsi dengan baik atau mengalami kerusakan akan mengakibatkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor biasanya terjadi pada musim penghujan. Penyebab utama yaitu gundulnya keadaan hutan karena ulah manusia. Hutan tak lagi memiliki flora yang berakar banyak. Air hujan akan jatuh langsung ke tanah tanpa ada yang menopang terlebih dahulu sehingga banjir dan tanah longsor tidak dapat dihindari.

IV.             Apa Saja Usaha Untuk Melestarikan Hutan Lindung ?
a.       Reboisasi atau penanaman hutan kembali
b.      Usaha tebang pilih.
c.       Pengendalian sistem ladang berpindah
d.      Reklamasi lahan bekas peladangan





















BAB III
PENUTUP


Dari uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa begitu pentingnya lingkungan yang berkualitas dalam kehidupan manusia, sehingga sudah sewajarnya kita melestarikan, menjaga dan memanfaatkannya secara arif dan efisien. Untuk kebaikan bersama. Agar dapat diwariskan kepada anak cucu. Hutan sebagai paru – paru dunia juga sangat penting untuk kita dari semua fungsinya. Hutan sebaiknya kita jaga agar tetap berfungsi dengan baik.















DAFTAR PUSTAKA

Wardiyatmoko, K. 2006. Geografi untuk SMA Kelas XI. Jakarta : Erlangga.
Sumarwoto, Otto. 1998. Ekologi Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Jakarta : Djambatan

0 komentar:

Posting Komentar